SUDUT SOSIAL SEBUAH TEKNOLOGI


“apa yang anda lakukan jika memiliki Samsung Galaxy Note Edge ?”


Elok rupa harum baunya
Bunga Melati pula Kamboja
Kala angan  bertanya-tanya
Langsung ke intinya saja, ya
***


Untuk menjawab pertanyaan di atas, saya memiliki tiga jawaban;

#JAWABAN PERTAMA

Jika saya memiliki Samsung Galaxy Note Edge, pertama yang akan saya lakukan adalah mengeksplorasi device sesuai kapasitasnya. Kata eksplorasi (menurut KBBI) berarti penjelajahan dengan tujuan memperoleh pengetahuan yang lebih banyak tentang suatu hal. Ketika memiliki barang baru, adalah hal yang wajar jika kita ‘bereksperimen’ dengan barang tersebut. Tak jarang, barang tersebut mengalami kerusakan ketika kita terlalu bersemangat dalam mengeksplorasinya. Tapi jangan khawatir, kawan. Trial and error itulah yang akan menjadi pengalaman yang mengajari kita cara beradaptasi dan berinteraksi dengan barang yang sebelumnya belum pernah kita pegang. lagipula, ungkapan “Experience is the best teacher” nampaknya masih akan relevan dipakai untuk dipakai sampai sekarang.

Eksplorasi di atas sebenarnya merupakan efek yang timbul dari naluri ‘ingin tahu’ yang ada pada setiap diri manusia. Naluri tersebut dapat dilihat pada genggaman tangan setiap bayi yang dilahirkan, yang menggamabrkan bahwa manusia secara kodrati memiliki naluri untuk memiliki segalanya, termasuk ingin memiliki pengetahuan tentang hal baru yang ditemuinya.

Agar naluri keingintahuan tersebut tidak melewati batas, saya menambahkan kata “sesuai kapasitas”. Kapasitas (lagi-lagi menurut KBBI, hehe) berarti daya atau kemampuan untuk menampung. Yang dapat digambarkan dari kata kapasitas adalah lintasan atau ruang yang tidak boleh  diterobos, agar sesuatu itu masih bisa diakomodasi. Sehingga perpaduan dari eksplorasi dan kapasitas merujuk pada arti penjelajahan yang cerdas, sesuai aturan.

Lebih dalam mengenai eksplorasi Samsung Galaxy Note Edge sesuai kapasitas, adalah saya hanya akan melakukan hal yang bisa ditangani oleh Samsung Galaxy Note Edge. Saya tidak akan memasukkan data lebih dari kapasitas memori yang dimiliki Samsung Galaxy Note Edge. Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami terlebih kapasitas yang dimiliki oleh Samsung Galaxy Note Edge itu sendiri, sehingga saya bisa menjaga tindakan agar tidak melewati batas kapsitasnya. Berikut adalah deskripsi singkat spesifikasi yang dimilki Samsung Galaxy Note Edge;

Samsung Galaxy Note Edge
Jaringan
2G NetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G NetworkHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G NetworkLTE 800 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600
SIMMicro-SIM
Diumumkan2014, September
StatusComing soon. Exp. release 2014, Q4
Bodi
Dimensi151.3 x 82.4 x 8.3 mm (5.96 x 3.24 x 0.33 in)
Berat174 g (6.14 oz)
- S Pen stylus
- Fingerprint sensor
Layar
TipeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran1600 x 2560 pixels, 5.6 inches (~524 ppi pixel density)
MultitouchYes
ProteksiCorning Gorilla Glass 3
- curved edge screen
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal32/64 GB, 3 GB RAM
Koneksi
GPRSYes
EDGEYes
KecepatanHSDPA, 42 Mbps; HSUPA; LTE, Cat4 (Exnos), Cat6 (N910S), 50 Mbps UL, 300 Mbps (N910S), 150 Mbps (Snapdragon) DL
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP, EDR, LE
NFCYes
Infrared portYes
USBmicroUSB v2.0 (MHL 3), USB Host
Kamera
Kamera Belakang16 MP, 3456 x 4608 pixels, optical image stabilization, autofocus, LED flash
FiturDual Shot, Simultaneous HD video and image recording, geo-tagging, touch focus, face and smile detection, image stabilization, panorama, HDR
Video2160p@30fps, 1080p@60fps, optical stabilization, dual-video rec.
Kamera Depan3.7 MP, 1080p@30fps
Fitur
OSAndroid OS, v4.4.4 (KitKat)
ChipsetQualcomm Snapdragon 805
CPUQuad-core 2.7 GHz Krait 450
GPUAdreno 420
SensorsAccelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, UV, heart rate, SpO2
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
RadioTBC
GPSYes, with A-GPS, GLONASS, Beidou
JavaYes, via Java MIDP emulator
WarnaBlack, White
Baterai
Li-Ion 3000 mAh battery
dikutip dari www.begawei.com




Dengan memahami kapasitas dari Samsung Galaxy Note Edge, berarti eksplorasi telah bisa saya lakukan. Sebelum itu, Eksplorasi yang dilakukan menuntut adanya interaksi kita dengan device. Tapi permaslahannya adalah device tersebut belum terdapat di genggaman saya. Lantas bagaimana saya akan mengeksplorasinya? “Tiada rotan akar pun jadi”, adala peribahasa yang menjawab kebuntuan ini. boleh jadi saya sekarang belum berinteraksi dengan Samsung Galaxy Note Edge, namun saya masih bisa berinteraksi dengannya melalui informasi review di internet, baik dari pihak samsung sebagai pengembangnya, maupun dari luar perusahaan.

Dari situ, saya mempunyai beberapa gambaran tentang apa yang akan saya eksplorasi dari phablet yang rilis September tahun lalu ini.

#Eksplorasi-1
Saya akan bergiat untuk berburu panorama lanskeap dengan kamera 16 megapiksel yang terpasang di punggung Samsung Galaxy Note Edge. Saya pasti akan merasakan sensasi yang sama sekali berbeda dari kamera 2 megapiksel yang ada di hanphone saya sekarang (malah curhat :v). Apalagi ditambah dengan fitur optical image stabilization yang berfungsi mereduksi blur pada gambar dan selective focus setingkat kamera DSLR. Ditambah lagi dengan bar kontrolnya yang terletak pada layar lengkung device ini, yang dirancang agar nyaman di tangan.
Dengan fitur-fitur yang dimililinya, Samsung Galaxy Note Edge akan sangat mendukung hobi saya yang doyan berburu panorama lanskeap. Galaxy Note Edge akan mennjadi stimulus bagi saya untuk lebih peka dan giat dalam mencari momen-momen yang indah. Berikut ada beberapa hasil ‘jepret’ dari kamera saya
dengan penjelasan ketertarikan saya pada mode lanskepa bukan berarti Samsung Galaxy Note Edge hanya unggul di mode tersebut. Mode yang lain pun akan jadi sasaran eksplorasi saya, jika saya benar-benar memilikinya. Tidak berlebihan kiranya jika saya menjadikan kamera Samsung Galaxy Note Edge sebagai tugu revolusi dunia fotografi saya.

#Eksplorasi-2
Sasaran eksplorasi saya selanjutnya adalah layar lengkung pada Samsung Galaxy Note Edge yang menjadi ‘brand’ sebagai pembeda dari generasi note yang sebelumnya. Layar lengkung pada Samsung Galaxy Note Edge ini memang bukan inovasi pertama dalam pengembangan smartphone ataupun tablet, namun tetap menjadi bagian yang menarik perhatian para pengincarnya. Disamping untuk menonjolkan sisi ‘elegan’ dari Samsung Galaxy Note Edge, samsung juga mempertimbangkan aspek ergonomi, serta fungsionalitas panel sidebar didalamnya.
Sisi lengkung ini menjadi tempat menu navigasi kamera, tombol kontrol video player, bilah pemberitahuan, tampilan jam dan alarm serta dapat menampung aplikasi favorit yang kita tandai. Semua hal itu dapat diakses melalui layar sebelah kanan phablet ini, sekaligus mendukung aktivitas multi-window. Objek eksplorasi saya kedua ini nampaknya masih akan menjadi penyebab penasaran saya sampai saya benar-benar dapat mengaksesnya. :)

#Eksplorasi-3 dan selanjutnya
Samsung Galaxy Note Edge memberi segudang fitur dan fasilitas yang sangat memanjakan pengguna. Idealnya , saya pun melakukan eksplorasi sejumlah fitur yang ada, seperti
·         Layar super Amoled, Capasitive touchscreen, dengan 16 juta warna
·         S-pen yang dikembangkkan dengan teknologi terbaru
·         Dapur pacu Quad-Core 2,7 GHZ
·         Sensor heart rate, gyro, kompas
·         Kapasitas memory internal 32GM, RAM 3GB
·         Baterai 3000MAH
·         Proteksi finger print
·         Jaringan yang mencapai 4G
·         Ukuran dan aspek lainnya
Namun, akas sangat membuat jenuh, jika tulisan ini bnyak membahas menganai fitur-fitur secara keseluruhan. Jadi saran saya, kawan-kawan dapat mencari informasi dan referensi yang lain atau dengan sekadar membayangkannya. (hehe :O)


#JAWABAN KEDUA

Aksi kedua yang akan saya lakukan jika memiliki Samsung Galaxy Note Edge adalah ‘berbagi’, sebagai wujud eksistemsi saya sebagai bagian dari makhluk sosial. Lantas apa yang akan saya bagikan dengan Samsung Galaxy Note Edge ini? akankah saya menghadiahkan device ini ke orang lain?

Berbagi yang saya maksud di sini adalah berbagi pengalaman dan pemanfaatan dari device ini. terutama kepada keluarga yang menjadi air kehidupanku (malah ngarang puisi, wkwk). Bukan bermaksud mencari empati atau simpati. Sudah menjadi salah satu komitmen saya memang, bahwa kebahagiaan yang saya rasakah harus dirasakan pula oleh keluarga saya.

Selain kepada keluarga, saya juga akan memanfaatkan Samsung Galaxy Note Edge ini sebagai alat bantu prototyping demi kemajuan startup developer aplikasi mobile yang saya menjadi anggota di dalamnya. selama ini, aplikasi yang dihasilkan masih menemui kendala karena tidak kompatibel di beberapa device, hal ini karena kami masih terbatas pada device prototyping yang memadai. Saya berharap Samsung Galaxy Note Edge bisa menjawab masalah tersebut.

#JAWABAN KETIGA

Langkah yang saya ambil selanjutnya adalah berusaha memanage waktu dan prioritas lebih baik lagi. Dipungkiri atau tidak, suatu kesibukan menyenangkan yang kita lakukan bisa membuat kita lupa waktu dan lingkungan. Poin yang harus diingat di sini bahwa kita adalah manusia yang memiliki dimensi sosial di luar dimensi ke-individual-an kita. Fenomena sekarang yang banyak ditemui adalah menurunnya interaksi sosial diakibatkan kesibukan manusia terhadap gawainya masing-masing. Padahal kodrat manusia sebagai makhluk sosial tidak dapat dilepas. Terlebih gawai yang saya miliki adalah Samsung Galaxy Note Edge yang memiliki fitur dan fasilitas ‘kelas atas’, yang berarti semakin besar pula godaan bagi saya untuk beranjak darinya.

Untuk tetap menjaga keseimbangan sosial dan individu, saya akan memberi porsi khusus untuk waktu penggunaan Samsung Galaxy Note Edge dan komitmen dalam menjaganya dalam keseharian kehidupan berteknologi.

“Samsung Galaxy Note Edge memang bukan segalanya, tapi segalanya dimulai darinya”


###
Tulisan ini dibuat untuk memenangkan Samsung Galaxy Note Edge dari samsung.


Komentar